#SIP Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

Standard

A. Informasi

1. Definisi

Menurut Moeliono (dalam Indah, 2014), informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.

Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat (Sirait, 2009)

2. Komponen

Komponen informasi terdiri dari (Pengetahuan, 2015):
a. Informasi berdasarkan fungsi adalah informasi berdasarkan materi dan kegunaan informasi. Informasi jenis ini antara lain adalah informasi yang menambah pengetahuan dan informasi yang mengajari pembaca (Informasi edukatif). informasi yang menambah pengetahuan, misalnya, peristiwa-peristiwa bencana alam, pembangunan daerah, kegiatan selebritis, dan sebagainya. Informasi edukatif contohnya tulisan teknik belajar yang jitu, tips berbicara di depan umum, cara jitu menjadi programmer komputer, dan sebagainya.
b. Informasi berdasarkan format penyajian adalah informasi berdasarkan bentuk penyajian informasi. Informasi jenis ini, antara lain berupa foto, karikatur, lukisan abstrak, dan tulisan teks.
c. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa adalah informasi berdasarkan lokasi peristiwa berlangsung, yaitu informasi dari dalam negeri dan informasi dari luar negeri.
d. Informasi berdasarkan bidang kehidupan adalah informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, misalnya pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

3. Fungsi

Fungsi-fungsi informasi yaitu (Pengetahuan, 2015):

a. Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengguna,

b. Mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan,

c. Menggambarkan keadaan sesuatu hal atau peristiwa yang terjadi.

B. Sistem Informasi Psikologi

1. Definisi Sistem Informasi

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya untuk penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis. (Dudung, 2015).

2. Definisi Psikologi

Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008), psikologi itu merupakan ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness). Dari batasan ini dapat dikemukakan bahwa dalam psikologi, keadaan jiwa direfleksikan dalam kesadaran manusia. Unsur Kesadaran merupakan hal yang dipelajar dalam psikologi.

3. Definisi Sistem Informasi Psikologi

Berdasarkan definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang memiliki tujuan untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi penerima berupa data tentang psikologi.

4. Komponen

Ini terdiri dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan prosedur. SI dapat dikategorikan dalam empat bagian (Dudung, 2015):

a. Sistem Informasi Manajemen

b. Sistem Pendukung Keputusan

c. Sistem Informasi Eksekutif

d. Sistem Pemrosesan Transaksi

5. Fungsi

Ada beberapa fungsi dari sistem informasi sikologi (Dudung, 2015), yaitu:

a. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.

b. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.

c. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

d. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.

e. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.

f. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.

g. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

Referensi :

Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Dudung. (2015). 12 pengertian dan fungsi sistem informasi menurut para ahli. Dari: http://www.dosenpendidikan.com/12-pengertian-dan-fungsi-sistem-informasi-menurut-para-ahli/. Diakses pada tanggal: 7 Oktober 2015.

Indah, F. (2014). Pengertian dan definisi infomasi menurut para ahli. Dari: https://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html. Diakses pada tanggal: 24 September 2015.

Pengetahuan, S. (2015). Jenis-jenis informasi, ciri-ciri, dan fungsi informasi. Dari: http://www.seputarpengetahuan.com/2015/08/jenis-jenis-informasi-ciri-ciri-dan.html. Diakses tanggal 7 Oktober 2015.

Sirait, R. (2009). Pengertian informasi. Dari: http://revolsirait.com/pengertian-informasi/. Diakses pada tanggal: 24 September 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s