#PTI Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Prestasi Akademik

Standard

Gambar

 

Saya telah menganalisa tiga jurnal mengenai Pengaruh Teknologi Internet atau Media Informasi Terhadap Prestasi Akademik, berdasarkan jurnal pertama, yang disusun oleh Vivi Sahfitri pada 28 Januari 2010 :

1. Pengaruh secara parsial dari variabel pemanfaatan e-learning dengan  kemampuan pemahaman  mahasiswa berdasarkan uji yang telah dilakukan  menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Pada Kondisi ini dapat dijelaskan secara sendiri-sendiri atau parsial terdapat pengaruh pemanfaatan e-learning  terhadap Kemampuan pemahaman mahasiswa.

2. Hasil pengujian regresi yang dilakukan secara bersama-sama atau uji serentak diperoleh hasil bahwa pengaruh secara bersama dari variabel pemanfaatan e-learning dengan prestasi mahasiswa dan kemampuan pemahaman mahasiswa menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif.

Jurnal kedua, disusun oleh Yayu Handayasari :

Pada sekolah yang letaknya di daerah terpencil dengan daerah kota, selalu terdapat perbedaan baik itu dari sarana prasarana, cara mengajar  dan lain-lain. Hal tersebut mengakibatkan adanya asumsi bahwa sekolah kota lebih diunggulkan di bandingkan sekolah yang di desa. Dari hal tersebut pembelajaran IT yang saat ini sudah dapat dirasakan tidak hanya di sekolah kota tetapi juga di sekolah desa, diharapkan akan mampu membantu meminimalisir kesenjangan antara siswa yang berasal dari sekolah kota dan dari sekolah desa. Dengan kata lain, baik dari sekolah kota maupun sekolah desa siswa sama-sama memiliki kemampuan dan keahlian dalam hal teknologi, dan apa yang ia ketahui atau informasi yang ia dapatkan dari sekolah tidak terhambat oleh media.

Pada jurnal ketiga, saya menganalisis jurnal yang disusun oleh Didin Mukodim, Ritandiyono, dan Harumi Ratna Sita. Penelitian dari jurnal tersebut ditujukan pada Mahasiswa Universitas Gunadarma, dan hasil penelitian yang saya analisa adalah :

Internet addiction disorder tidak ada kaitan atau hubungannya dengan adanya peranan kesepian mahasiswa, dan juga hubungan prestasi belajar pada mahasiswa Gunadarma pada saat itu tidak berpengaruh pada prestasi akademik. Dan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa subjek penelitian memiliki tingkat kesepian dan internet addiction disorder yang rendah.

Sumber dan Referensi :

Yayu Handayasari. Melalui Pembelajaran Berbasis IT, Tidak Ada Lagi Pemarginalan Sekolah di Daerah Terpencil. April 2013. (http://yayuhandayasari92.blogspot.com/2013/04/jurnal-it.html)

Didin Mukodim, Ritandiyono, dan Harumi Ratna Sita. Peranan Kesepian dan Kecenderungan Internet Addiction Disorder Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Gunadarma. 25 Agustus 2004.

Vivi Sahfitri. Analisis Faktor Penggunaan Internet Terhadap Motivasi dan Peningkatan Kemampuan Akademik Mahasiswa Teknik Komputer. 28 Januari 2010. (http://blog.binadarma.ac.id/vivi/?p=37)

1024×768

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s