#PTI Komunitas Online

Standard

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Sedangkan pengertian online pada dasarnya adalah berhubung atau berkoneksi dengan internet.

Komunitas online merupakan sebuah komunitas maya (tidak nyata), dimana antar pengguna tidak saling bertatap muka dan proses interaksi mereka melalu media sosial yang ada saat ini. Seperti blog, Facebook, dan Twitter, memudahkan komunitas untuk menyebarkan ide gerakan sosial dan mengajak orang lain terlibat di dalamnya. Tumbuhnya komunitas-komunitas online didukung oleh banyaknya aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para pengembang software untuk mendukung kegiatan tersebut.

Coin a Chance, contohnya. Komunitas sosial ini mengajak masyarakat untuk mengumpulkan uang receh yang kemudian disumbangkan untuk membantu anak-anak Indonesia yang putus sekolah. Hal yang sama dilakukan Akademi Berbagi. Komunitas ini mengajak siapa pun untuk berbagi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman melalui kelas-kelas mengajar yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kemudian, ada Komunitas Indonesia Berkebun yang melakukan gerakan cinta alam dengan mengajak masyarakat menanam pohon dan menciptakan lahan hijau di tengah kota. Contoh lain adalah Komunitas Blood for Life Indonesia. Komunitas ini bergerak melalui aspek kemanusiaan dengan mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi kelangsungan hidup orang lain.

Keempat komunitas tersebut dalam tiap mobilitas gerakan yang dilakukan, menjadikan media sosial sebagai kendaraan utama, mulai dari promo kegiatan sampai ajakan untuk berbagi antarsesama.

Ada beberapa manfaat ber-komunitas online, tentunya sangat mudah karena tanpa harus menyesuaikan jadwal padat yang tentunya setiap orang berbeda-beda. Kita bisa melakukannya setiap waktu luang kita, tanpa terhalang waktu dan jarak. Bahkan terhubung dengan teman sekomunitas di lain negara. Selain itu, dalam komunitas-komunitas khususnya common interest, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, juga memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau jaringan yang sangat bermanfaat bagi kita dalam banyak hal. Walau bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun ber-komunitas online juga sering menghadapi kendala. Kendala yang sering muncul disebabkan lebih kepada stabilnya jaringan internet atau sinyal sebagai media penghubung komunikasi. Kadang hal ini menyebabkan salah satu atau sebagian menjadi ketinggalan informasi.

REFERENSI :

Wikipedia. (2 Novermber 2013) Komunitas. Diperoleh 3 November 2013, dari http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas

Tekno Kompas. (9 Desember 2011) Empat Komunitas “Online” Akan Berbagi Pengalaman. Diperoleh 3 November 2013, dari http://tekno.kompas.com/read/2011/12/09/18132723/Empat.Komunitas.Online.Akan.Berbagi.Pengalaman

Blog Berita Indonesia. (24 September 2012) Pengertian Online. Diperoleh 8 November 2013, dari http://www.pitikkedu.net/2012/09/pengertian-online.html

Kompasiana. (11 April 2013) Manfaat Ber-Komunitas Online di Media Sosial. Diperoleh 8 November 2013, dari http://media.kompasiana.com/new-media/2013/04/11/manfaat-ber-komunitas-online-di-media-sosial-550289.html

Psikologi. (15 Oktober 2012) Komunitas Online. Diperoleh 8 November 2013, dari http://dedeh89-psikologi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s