#PTI Syarat dan Etika dalam Publikasi Online

Standard

Sebelum membahas syarat dan etika dalam publikasi online, terlebih dahulu kita harus mengetahui arti dari Publikasi, Online, dan Etika. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata Publikasi berarti 1. Pengumuman; 2. Penerbitan. Sedangkan kata Online dalam Bahasa Indonesia ada dua kata yaitu on yang berarti hidup, dan line yang pada kata ini berarti saluran atau jaringan. Dengan kalimat yang sederhana Online berarti hidup atau sedang dalam jaringan, yaitu jaringan internet. Lalu arti dari kata Etika menurut KBBI berarti ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral.

Dasar-dasar etika ber-internet yang perlu diketahui :

  1. Jujur dalam mencantumkan sumber dan penulis.
  2. Kutip seperlunya.
  3. Bijak dalam meng-copy sebuah situs.

Setelah mengetahui dan mengerti pengertian dan arti kata-kata diatas, tentu akan lansung paham bahwa jika ingin mempublikasikan sesuatu, harus mematuhi syarat dan etika yang berlaku. Syarat dan etika yang dibahas disini adalah dalam publikasi online, beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut :

  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
  2. Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk  bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
  4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.
    Referensi :
    Arti Kata Publikasi (28 September 2013) Diperoleh 28 September 2013 ( http://kbbi.web.id/publikasi )
    Arti Kata Etika (28 September 2013) Diperoleh 28 September 2013 ( http://kbbi.web.id/etika )
    Annisa Puji Wulandari. (27 September, 2013) Psikologi dan Teknologi Internet 1. Diperoleh 28 September 2013 ( http://anisapuji.blogspot.com/2013/09/publikasi-online-dan-plagiarisme.html )

One response »

  1. Pingback: amelputriamalia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s