#PTI Sejarah Internet

Standard

Pada zaman modern seperti sekarang tentunya semua orang di dunia ini tahu apa itu internet dan kegunaannya, tetapi apakah semua orang yang menggunakan internet pada kehidupannya sehari-hari mengetahui sejarah internet? Saya yakin tidak banyak yang tahu tentang sejarah internet secara detail dengan tahun-tahunnya, dan dari beberapa sumber ini saya akan mengulas tentang sejarah internet secara singkat.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Tujuan awal dibentuknya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja dan mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 yaitu : Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. Secara umum ARPANET deperkenalkan pada Oktober 1972.

Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :

  1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
  2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
  3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
  4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah  penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna.  Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan  pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Sumber dan Referensi :

Wikipedia. (20 September 2013) Sejarah Internet. Diperoleh 28 September 2013, dari ( http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet )

Sejarah Internet dan Perkembanganya di Dunia (16 September 2013) Diperoleh 28 September 2013, dari ( http://www.eswete.com/sejarah-internet.html )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s