#PTI Plagiarisme

Standard

Tidak mudah untuk mengatakan bahwa seseorang benar atau tidak melakukan tindakan plagiarisme, dan karena itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa definisi tentang plagiarisme atau plagiat :

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online

Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan.

  • Menurut Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 17 Tahun 2010

Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.

Plagiarisme berasala dari bahasa Latin, yaitu : Plagiari(us) berarti penculik, dan Plagi(um) berarti menculik.

Jenis plagiarisme tidak hanya terbatas pada tulisan dan ucapan, tetapi berlaku juga dibidang seni dan budaya. Bentuknya pun beraneka macam. Dibawah ini adalah tipe plagiarisme menurut Soelistyo (2011) :

  1. Plagiarisme Kata demi Kata (Word for word Plagiarism).  Penulis menggunakan kata-kata penulis lain (persis) tanpa menyebutkan sumbernya.
  2. Plagiarisme atas sumber (Plagiarism of Source). Penulis menggunakan gagasan orang lain tanpa memberikan pengakuan yang cukup (tanpa menyebutkan sumbernya secara jelas).
  3. Plagiarisme Kepengarangan (Plagiarism of Authorship). Penulis mengakui sebagai pengarang karya tulis karya orang lain.
  4. Self Plagiarism. Termasuk dalam tipe ini adalah penulis mempublikasikan satu artikel pada lebih dari satu redaksi publikasi. Dan mendaur ulang karya tulis/ karya ilmiah. Yang penting dalam self plagiarism adalah bahwa ketika mengambil karya sendiri, maka ciptaan karya baru yang dihasilkan harus memiliki perubahan yang berarti. Artinya Karya yang lama merupakan bagian kecil dari karya baru yang dihasilkan. Sehingga disini pembaca akan memperoleh hal baru, yang benar-benar penulis tuangkan pada karya tulis yang menggunakan karya lama.

Referensi dan Sumber :

Arti Kata Plagiat (28 September 2013) Diperoleh 28 September 2013, dari http://kbbi.web.id/plagiat

Panduan Anti Plagiarism (2013) Diperoleh 28 September 2013, dari http://lib.ugm.ac.id/2013/new/?page_id=567

Myrtha Artaria (7 Oktober 2009) Plagiarism. Diperoleh 28 September 2013, dari http://web.unair.ac.id/admin/file/f_34197_PlagiarismBnW.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s