Pandangan Hidup: Pada Tingkat Umur Tertentu

Standard

Pengertian

 

            Pandangan hidup adalah pendapat, atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, serta petunjuk hidup di dunia. Setiap manusia memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati, oleh karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Dengan demikian, pandangan hidup itu tidak dating dengan seketika atau dalam waktu yang singkat, melainkan melalui proses lama dan terus-menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar ini manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pedoman, pegangan, arahan, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup.

 

            Pandangan hidup ada macam dan ragamnya, akan tetapi pandangan hidup dapat diklarifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :

  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
  2. Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

 

            Ideologi adalah kumpulan ide tau gagasan. Kata ideologi diciptakan oleh Destutt de Tracy seorang Perancis, pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains of idea”. Tujuan ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normative. Ideologi berasal dari kata idea (Inggris), yang artinya gagasan, pengertian. Kata kerja Yunani oida = mengetahui, melihat dengan budi. Kata “logi” yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan.

 

            Pandangan hidup dan ideologi pada dasarnya mempunyai unsur yaitu :

  1. Cita-cita
  2. Kebajikan
  3. Usaha
  4. Keyakinan/kepercayaan

 

            Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan . cita-cita aialah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tenteram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.

 

            Saya akan membahas pandangan hidup berdasarkan tingkat umur tertentu. Yang pertama adalah ketika anak-anak, lalu remaja, dan yang terakhir adalah dewasa.

 

  1. Pandangan Hidup Anak-anak

            Pada tingkat umur ini, seseorang cenderung memiliki unsur pandangan hidup tentang cita-cita dan kebajikan. Mereka di beri ‘doktrin’ agar semangat untuk belajar dan dapat meraih cita-cita yang mereka inginkan. Dan pada tingkat umur ini pandangan hidup mereka hanya tertuju pada teman-teman dan permainan.

 

  1. Pandangan Hidup Remaja

            Di zaman sekarang yang sudah modern, kebanyakan anak muda atau remaja lebih suka memilih untuk bergaul dengan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti nongkrong dengan teman-teman, band, dan lain-lain. Sementara hal-hal yang seharusnya menjadi cirri khas budaya Indonesia mereka sendiri tidak tahu. Dari sini sudah terlihat pandangan hidup anak remaja zaman sekarang sudah berubah. Mereka lebih kebarat, artinya tidak melestarikan budaya sendiri. Memang pandangan hidup ini tidak terjadi di semua remaja, tetapi mayoritas.

            Oleh karena itu, kita sebagai penerus bangsa harus saling mengingatkan satu sama lain jika ada dari salah satu teman kita melakukan hal yang salah maka kita mengingatkan agar pandangan hidup mereka tidak salah dan sesuai dengan yang diharapkan selama ini.

  1. Pandangan Hidup Dewasa   

            Ini merupakan fase pandangan hidup yang terjadi pada orangtua, atau seseorang berumur diatas 22 tahun. Pada tingkat umur ini pandangan hidup seseorang akan tertuju pada karier, keluarga, dan juga kekasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s